Fitriani, Fitriani and Juarsa, Osa and Sri, Ken Kustianti (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 36 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model cooperative script
terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 36 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitataif.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan
jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 36 Kota Bengkulu. Sampel dalam
penelitian ini terdiri atas 28 siswa kelas IV A SDN 36 Kota Bengkulu sebagai
kelas eksperimen dan 28 siswa kelas IV B SDN 36 Kota Bengkulu sebagai kelas
kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Total. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan
ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah
pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis
statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil
penelitian diperoleh hasil uji-t thitung 4,25 > ttabel 1,67. Nilai thitung yang diperoleh
lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan
model cooperative script mempengaruhi prestasi belajar siswa, sehingga dapat
diisimpulkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative script terhadap prestasi
belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36
Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Cooperative Script, Pembelajaran Tematik, Prestasi
Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:07 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13102 |