Pratama, Ige Gusti and Alexon, Alexon and V. Karjiati, V. Karjiati (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (PTK PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI IGE.pdf [thumbnail of SKRIPSI IGE.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IGE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role
Playing untuk meningkatkan percaya diri siswa di kelas V B SDN 52 Kota
Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SDN 52 Kota
Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri dari lembar
observasi penerapan model pembelajaran Role Playing dan lembar observasi
percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil
rata-rata penerapan model pembelajaran Role Playing siklus pertama diperoleh
sebesar 29,5 dengan kategori cukup dan siklus kedua diperoleh sebesar 38,5
dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata percaya diri siswa siklus pertama
diperoleh sebesar 19,03 dengan kategori cukup dan siklus kedua diperoleh sebesar
26,15 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t0 21,78 lebih
besar dari pada ttabel 1,706. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan percaya diri siswa di kelas V B
SDN 52 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Percaya Diri
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:19 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13108 |