Gustini, Ria and Parmadie, Bambang and Syahril, Yusuf (2019) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI PDF.pdf [thumbnail of SKRIPSI PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri 01
Kota Bengkulu. Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVB dan Kepala SD Negeri 01 Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan
data (data collection), penyederhanaan data (data condensation), penyajian data
(display data) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verivication).
Teknik keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan
member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IVB melakukan
kegiatan perencanaan pembelajaran melalui analisis minggu efektif, menyusun
Prota dan Prosem, membuat pemetaan KD, menganalisis SKL, KI, KD dan
Indikator, mengkaji Silabus, dan menyusun RPP. Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Kurikulum 2013 guru melaksanakan pembelajaran tematik terpadu,
menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, dan menggunakan model-model
pembelajaran sesuai konsep Kurikulum 2013. Dalam penilaian pembelajaran
Kurikulum 2013, guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13158 |