Izzania, Rizqa Dwi Shofiya Maghfira and Winarni, Endang Widi and Neza, Agusdianita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIAGA BENCANA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RIZQA.pdf [thumbnail of SKRIPSI RIZQA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIZQA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem
Based Learning pada materi siaga bencana terhadap kemampuan literasi sains siswa
Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitiankuantitatif
dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only
Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 01, SDN
04, SDN 08, dan SDN 11. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster
random samplingsehingga diperoleh kelas IVB SD Negeri 08 Kota Bengkulu (kelas
eksperimen)dan kelas IVA SD Negeri Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba
instrumen dilakukan pada kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu.Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket komponen sikap saintifik
yang berjumlah 15 soal, lembar tes komponen konteks berbentuk pilihan ganda
yang berjumlah 10 soal, lembat tes komponen pengetahuan berbentuk pilihan ganda
yang berjumlah 10 soal, dan lembar observasi komponen kompetensi. Hasil
perhitungan uji t-testgain skor pada komponen sikap saintifik didapatkan nilai thitung
sebesar 5,73 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,673, pada komponen
konteksdidapatkan nilai thitung sebesar 4,48 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,673,
komponen pengetahuan didapatkan nilai thitung sebesar 4,78 lebih besar dari nilai
ttabel sebesar 1,673, dan pada komponen kompetensi pada kelas eksperimen kriteria
sangat baik sebesar 57%, kriteria baik sebesar 43 % sedangkan pada kelas kontrol
kriteria sangat baik sebesar 35,7%, kriteria baik 53,6%, kriteria cukup 10,7%.
Berdasarkan hasil literasi sains secra keseluruhan kelas eksperimen lebih baik
daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan pencapaian persentase pada kelas
eksperimen sebesar 73,32% dan pada kelas kontrol sebesar 60,36%,artinya terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learningterhadap
kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat
pengaruh penggunaan model Problem Based Learning pada materi Siaga
Bencanaterhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota
Bengkulu.
Kata kunci: ModelProblem Based Learning, Siaga Bencana, Kemampuan
Literasi Sains
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13161 |