PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Predict-Observe�Explain (POE) BERBANTUAN MEDIA ChemEdu UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMAN 10 KOTA BENGKULU

Andika, Seli and Amir, Hermansyah and Wiwit, Wiwit (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Predict-Observe�Explain (POE) BERBANTUAN MEDIA ChemEdu UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMAN 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_Seli Andika.pdf] Text
SKRIPSI_Seli Andika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik di kelas X MIPA 3 SMAN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 pada
materi hukum-hukum dasar kimia melalui penerapan model pembelajaran predict�observe-explain berbantuan media ChemEdu. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan empat tahapan
di setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data
penelitian ini diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas peserta didik dan
nilai posttest yang diolah menggunakan teknik analisis data kuantitatif sederhana
yaitu nilai rata-rata, persentase daya serap, dan ketuntasan belajar. Penerapan
model pembelajaran predict-observe-explain berbantuan media ChemEdu terbukti
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia peserta didik. Hasil analisis
lembar observasi aktivitas menunjukkan peningkatan aktivitas belajar peserta
didik setiap siklusnya dengan rata-rata skor siklus I sampai siklus III berturut�turut adalah 28,5 (cukup), 36 (cukup), dan 43,5 (baik). Hasil belajar peserta didik
juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I, II, dan III secara
berturut-turut adalah 68,3 ; 70,8 ; dan 81,1. Daya serap klasikal pada siklus I, II,
dan III secara berturut-turut adalah 68,3% ; 70,8% ; dan 81,1%, dengan
ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut adalah
41,7% ; 60% ; dan 85,7%. Ketuntasan belajar telah tercapai pada siklus III karena
lebih dari 80% siswa mendapatkan nilai ≥75.
Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, predict-observe-explain, ChemEdu,
hukum dasar kimia

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:42
Last Modified: 01 Aug 2023 04:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item
View Item