PENGEMBANGAN APLIKASI “BERAKAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA KAGANGA REJANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SD NEGERI 002 BENGKULU UTARA)

Anggilia, Greta and Andreswari, Desi and Aan, Erlansari (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI “BERAKAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA KAGANGA REJANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SD NEGERI 002 BENGKULU UTARA). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_GRETA ANGGILIA_G1A016010_INFORMATIKA-compressed.pdf] Text
SKRIPSI_GRETA ANGGILIA_G1A016010_INFORMATIKA-compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Aksara Kaganga Rejang merupakan salah satu warisan budaya Kabupaten Bengkulu
Utara. Upaya pelestarian aksara Kaganga Rejang telah diupayakan oleh pemerintah
kabupaten Bengkulu Utara dengan menjadikan aksara kaganga Rejang sebagai
bagian dari mata pelajaran Muatan Lokal berbasis budaya sekitar untuk siswa kelas
V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
aksara Kaganga Rejang berbasis android yaitu aplikasi BERAKAR sebagai inovasi
untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai aksara Kaganga Rejang. Aplikasi
ini menyediakan fitur belajar, berlatih dan bermain yang dapat menunjang
pembelajaran mengenal, membaca dan menulis aksara kaganga Rejang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aksara kaganga Rejang dengan aplikasi
“BERAKAR” berpengaruh terhadap aspek pemahaman siswa. Dibuktikan dengan
hasil uji pretest dan posttest pada pengujian ini diperoleh ttabel = 2,02269 dari hasil
perhitungan t = -13,17 berada pada daerah penolakkan H0, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan sistem terhadap aspek pemahaman siswa
mengenai materi aksara kaganga Rejang. Selain itu, penilaian kelayakan oleh ahli
materi memperoleh prosentase sebesar 84,57% termasuk dalam kategori SANGAT
LAYAK, penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh persentase sebesar
76,32% termasuk dalam kategori LAYAK, penilaian terhadap pengguna guru
memperoleh persentase sebesar 82,89% termasuk dalam kategori SANGAT
LAYAK, sedangkan penilaian terhadap siswa memperoleh persentase sebesar 89,32%
termasuk dalam kategori SANGAT BAIK.
Kata kunci:Aksara Ka GaNga Rejang, Sekolah Dasar, Android, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:40
Last Modified: 01 Aug 2023 04:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200