PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI GUGUS 19 KOTA BENGKULU

Melinda, Betri and Kustianti, Sri Ken and Victoria, Karjiyati (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI GUGUS 19 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BETRI MELINDA.pdf] Text
SKRIPSI BETRI MELINDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V di SDN
Gugus 19 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan
sesudah perlakuan pada kelas sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V di SD Negeri Gugus 19 Kota Bengkulu yang menggunakan Kurikulum
2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling,
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 71 Kota Bengkulu sebagai
kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu sebagai
kelompok kontrol. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Berdasarkan
hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signfikan 5% diperoleh hasil t hitung 13,57 > t tabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa
terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Matematika di kelas V di SDN Gugus 19 Kota Bengkulu.
Kata kunci: model Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:46
Last Modified: 17 Jul 2023 02:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200