Cahyuni, Cahyuni and Hambali, Daimun and Puspa, Djuwita (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU.pdf [thumbnail of ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi strategi
pembelajaran active debate melalui pembelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 52
Kota Bengkulu, menyangkut Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
metode deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa di SD Negeri 52 Kota
Bengkulu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi
(pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Adapun Hasil dari
penelitian ini yaitu Perencanaan dalam pembelajaran dilakukan dengan membuat
silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran active
debate dilakukan dengan pembagian antar kelompok Pro dan Kontra agar
terciptanya debate yang bisa memunculkan pertanyaan dan pernyataan yang bisa
memancing siswa untuk berdebat.evaluasi dilakukan untuk mengetahui
bagaimana pencapaian hasil active debate yang telah dilaksanakan.Kesimpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran active debate mempunyai mempunyai
dampak positif dan negatif dalam pembelajaran Pkn.dengan adanya active debate
siswa mulai berani menyampaikan pendapatnya,bisa menghargai pendapat orang
lain, serta melatih siswa bermusyawarah untuk mencapai mufakat. Sedangkan
dampak negatifnya pada pembelajaran active debate ini siswa masih susah untuk
diatur ketika debate berlangsung, ini menyebabkan timbulnya kegaduhan di dalam
kelas,masih ada siswa yang belum berani menyampaikan pendapatnya karena
takut kepada lawan dari kelompoknya.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Active Debate, Pembelajaran PKn
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13273 |