PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Markoni, Defrizal and Resnani, Resnani and Pebrian, Tarmizi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI Defrizal Markoni.output.pdf] Text
SKRIPSI Defrizal Markoni.output.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi
siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental
Design, dengan jenis desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 52 Kota
Bengkulu yang berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai
kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes menulis karangan deskripsi yang diberikan melalui posttest
setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Diketahui
berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas
yakni, pada kelas eksperimen sebesar 76,60 dan pada kelas kontrol 70,78. Selain
itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,78 dan ttabel sebesar 1,70. Jadi
dengan thitung (2,78) > ttabel (1,70) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada penggunaan Model Pembelajaran
Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas
V SD Negeri 52 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Think Talk Write, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:22
Last Modified: 17 Jul 2023 03:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200