PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS 01 KOTA BENGKULU

Listiyani, Dewi and V. Karjiati, V. Karjiati and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DEWI DEWI LISTIYANI A1G014021.pdf] Text
SKRIPSI DEWI DEWI LISTIYANI A1G014021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan berpaku terhadap
hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV Gugus 01 Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan Quasi Eksperimental. Jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi penelitian SD Gugus 01 Kota Bengkulu terdiri dari
SDN 1, SDN 07, SDN 06, SD Muhammadiyah Kota Bengkulu. Sampel dalam
penelitian ini adalah dua rombongan belajar siswa SDN 07 Kota Bengkulu.
Rombongan belajar IVA untuk kelas kontrol dan IVB untuk kelas eksperimen
dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda. Data hasil
penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan
inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen (59,78) dan posttest (79,57), sedangkan nilai rata-rata pretest kelas
kontrol (57,28) dan posttest (79,57). Hasil uji-t posttest pada kelompok kontrol dan
eksperimen menunjukkan nilai thitung 2,437 lebih besar dari nilai ttabel 2,006,
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kenaikan persentase nilai pada kelas
eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dengan kenaikan hasil belajar sebesar 8%.
Artinya terdapat pengaruh penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV Gugus 01 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Papan Berpaku, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:25
Last Modified: 17 Jul 2023 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200