Gustidiana, Eki and Juarsa, Osa and Sri, Dadi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 27 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual
terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran pkn di kelas
IVSDNegeri 27 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian campuran atau mix method. Desain yang digunakan
adalah Quasi Eksperimental Desain dengan jenis desain The
Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Tes
dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan
perlakuan (treatment) pada kelas subyek. Subyek dalam penelitian
ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas IV A di SDN
27 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV B di
SDN 27 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Ada dua
instrumen yang digunakan, yang peneliti itu sendiri dan tes minat
belajar dengan bentuk pernyataan yang diberikan melalui pretest
sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel
independen, diperoleh nilai thitung (12,10) > ttabel (1,67) pada taraf
signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran discovery learning berbantu media audio
visual terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran pkn di
kelas IV SD Negeri 27 kota Bengkulu.
Kata Kunci:Discovery Learning, Audio Visual, Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13303 |