Hamazah, Fitria Erita and Dadi, Sri and Herman, Lusa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI TEKNIK TIM KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif
tipe picture and picture melalui tim kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas V SDN gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The
matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. pengambilan tes sebanyak
dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Kota Bengkulu
(kelas kontrol) dan siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu (kelas
eksperimen). Hasil uji-t didapatkan thitung 3,379> ttabel 1,675. Nilai thitung yang
diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan model kooperatif tipe picture and picture melalui teknik tim
kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Gugus
III Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Kooperatif, Picture and Picture, Tim Kuis, Hasil
Belajar IPS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13315 |