Fahmia, Hafiza and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI HAFIZA FAHNIA.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI HAFIZA FAHNIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF SKRIPSI HAFIZA FAHNIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD Gugus
XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus XII yang
terdiri dari 5 SD. Berdasarkan hasil uji homogenitas, sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN 99 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN
81 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes
objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan
analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas
eksperimen yang menggunakan model guided inquiry yaitu 78,120 dan kelas
kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 62,789. Uji-t kedua
kelas sampel dengan taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh thitung = 4,730
sedangkan ttabel = 2,000, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Peningkatan persentase hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen 83,36 % dan pada kelas
kontrol 33,98 %. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model
guided inquiry.
Kata kunci : guided inquiry, hasil belajar, matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13316 |