Ariansyah, Maman and Juarsa, Osa and Daimun, Hambali (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V SDN GUGUS 4 KABUPATEN REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Maman Ariansyah.pdf [thumbnail of Maman Ariansyah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Maman Ariansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan siswa
terhadap kemandirian belajar kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang
Lebong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 4
Kabupaten Rejang Lebong berjumlah 107 siswa yaitu SDN 113 (VA berjumlah
23 siswa dan VB berjumlah 24 siswa), SDN 12 berjumlah 35 siswa, dan SDN 97
berjumlah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa yaitu SDN
113 (VA berjumlah 6 siswa dan VB berjumlah 6 siswa), SDN 12 berjumlah 9
siswa, dan SDN 97 berjumlah 6 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian
dengan teknik simple random sampling dengan pengambilan sampel 25% dari
populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kedisiplinan siswa
dan angket kemandirian belajar berupa pernyataan. Data hasil penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian
diketahui bahwa fhitung> ftabel (34,804 > 4,225) maka dapat disimpulkan bahwa
persamaan regresi signifikan. Hasil pengujian tersebut menjadikan persamaan
regresi yang dinyatakan dengan persamaaan ̂ = 6,787 + 0,884 X . Nilai koefisien
korelasi sebesar 0,763 dan nilai koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,582 yang
berarti bahwa kontribusi atau besarnya pengaruh yang diberikan oleh kedisiplinan
siswa terhadap kemandirian belajar sebesar 58,20%. Hal ini terlihat dari hasil uji
signifikansi regresi yang menunjukkan regresi signifikan dan deskripsi hasil
penelitian yang menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa di kelas V SDN Gugus 4
Kabupaten Rejang Lebong memberikan pengaruh baik terhadap kemandirian
belajar siswa kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong.
Kata Kunci: kedisiplinan siswa, kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13330 |