STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KETERAMPILAN TALI TEMALI DALAM PEMBUATAN PIONERING MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER BERTANGGUNGJAWAB SISWA SDN 69 KOTA BENGKULU

Astira, Mega and Lukman, Lukman and Dwi, Anggraini (2018) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KETERAMPILAN TALI TEMALI DALAM PEMBUATAN PIONERING MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER BERTANGGUNGJAWAB SISWA SDN 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Mega Astira (A1G014032).pdf] Text
Skripsi Mega Astira (A1G014032).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan tali
temali dalam pembuatan pionering melalui Pendidikan Kepramukaan untuk
menanamkan karakter bertanggungjawab siswa SDN 69 Kota Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 pasukan siswa Penggalang saja
terdiri dari 4 regu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui peningkatan
ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakter
bertanggungjawab siswa SDN 69 Kota Bengkulu dapat ditanamkan melalui
Pendidikan Kepramukaan pada kegiatan implementasi keterampilan tali temali
dalam pembuatan pionering. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan tiga
indikator yaitu: 1. menyerahkan tugas tepat waktu, dengan pembagian tugas pada
setiap anggota regu maka keempat regu telah menyerahkan tugas pembuatan
pionering bentuk tiang bendera tepat waktu yaitu kurang dari 30 menit; 2.
mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk seperti: mengerjakan petunjuk
pengerjaan langkah-langkah pembuatan pionering bentuk tiang bendera secara
runtun, petunjuk penggunaan tali secara efektif yaitu dengan menggulung tali saat
membuat ikatan supaya tali yang digunakan tidak kusut, dan petunjuk
mengerjakan langkah-langkah pembuatan simpul dan ikatan secara runtun dan
teliti; 3. melihat sikap siswa saat mengerjakan pionering bentuk tiang bendera
untuk mendapatkan hasil karya, dalam proses mengerjakan pionering bentuk tiang
bendera keempat regu dapat mengerjakannya tanpa ragu yaitu percaya dengan
kemampuan yang dimiliki, dapat mengerjakan tugas tanpa bantuan pembina dan
tanpa melihat atau bertanya pada regu lain, serta dapat menerima resiko saat
melaksanakan pembuatan pionering bentuk tiang bendera. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa karakter bertanggungjawab dapat ditanamkan melalui
implementasi keterampilan tali temali dalam pembuatan pionering.
Kata kunci: Implementasi Keterampilan Tali Temali, Pionering,
Pendidikan Kepramukaan, Karakter, Bertanggungjawab

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:42
Last Modified: 17 Jul 2023 06:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item
View Item