Sibarani, Nadia Yossi Meribet and Resnani, Resnani and Neza, Agusdianita (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL TEKNIK TERATAI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD N PADA GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI NADIA YANG BAGUS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan 
model kontekstual teknik teratai terhadap kemampuan menulis puisi 
siswa kelas V SDN pada Gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini 
adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah 
Quasi Eksperimental dengan menggunakan jenis desain The Matching 
Only Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh SD kelas V pada Gugus III Kota Bengkulu. Sampel 
dalam penelitian ini adalah SD kelas V SDN 57 dan SD kelas V SDN 
17 kota Bengkulu yang masing – masing kelas berjumlah 24 siswa. 
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random 
Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes menulis 
puisi yang diberikan melalui posttest (setelah pembelajaran 
berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan 
inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung (6,20) > 
ttabel (4,390) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis 
analisis penelitian ini diterima. Simpulan dari penelitian ini terdapat 
pengaruh penggunaan model kontekstual teknik teratai terhadap 
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN pada Gugus III Kota 
Bengkulu.
Kata Kunci : Model Kontekstual Teknik Teratai, 
Kemampuan Menulis Puisi
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:37 | 
| Last Modified: | 17 Jul 2023 07:37 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13371 | 

