Ashar, Noti and Lukman, Lukman and Nani, Yuliantini (2018) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL REGULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SD NEGERI 0 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan model reguler
pendidikan kepramukaan (X) dengan hasil belajar kognitif siswa (Y) pada SD
Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Populasi penelitian ini berjumlah 41 Siswa anggota pramuka yang mengikuti
model reguler teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, rekapitulasi nilai ulangan mingguan
dalam aspek kognitif dan dokementasi. Instrumen penelitian diuji dengan
menggunakan validitas dan reliabilitas. Sedangkan uji prasyarat analisis dengan
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik analisis
data dilakukan dengan menggunakan rumus “Korelasi Product Moment”. Teknik
ini digunakan untuk mengetahui signifikasi hubungan variabel bebas dan variabel
terikat dengan membandingkat rhitung dengan rtabel dengan taraf signifikan 5%.
berdasarkan hasil analisis data yang diproleh nilai rhitung = > 0,698 rtabel = 0,308
yang artinya terdapat hubungan penerepan model reguler pendidikan
kepramukaan dengan hasil belajar kognitif siswa dengan interpretasi sangat kuat.
Selanjutnya, dari hasil uji signifikasi diperoleh thitung 6,087 ≥ ttabel = 1,664 yang
artinya terdapat hubungan yang signifikan antar variabel, dengan konstribusi
sebesar 48,72% antara penerapan model reguler pendidikan kepramukaan dengan
hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Bengkulu. Berdasarkan
hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dimana terdapat hubungan
penerapan model reguler pendidikan kepramukaan dengan hasil belajar kognitif
pada Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Reguler, Pendidikan Kepramukaan, Hasil Belajar
Kognitif Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:58 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13385 |