Sari, Opita and Winarni, Endang Widi and Feri, Noperman (2018) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN KONSEP DAUR AIR DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI OPITA SARI (A1G014024).pdf [thumbnail of SKRIPSI OPITA SARI (A1G014024).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OPITA SARI (A1G014024).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
berpikir kritis yang dicapai siswa dengan menerapkan model
pembelajaran Examples non Examples dan Picture and Picture
pada konsep daur air di kelas V SDN Kota Bengkulu. Metode yang
digunakan adalah Quasy Eksperimental dengan desain penelitian
Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Kota
Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang menerapkan kurikulum
KTSP. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik Two
Stage Cluster Random Sampling. Diperoleh siswa kelas VB SDN
58 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VA
SDN 82 Kota Bengkulu sebagai eksperimen II. Instrumen yang
digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk
soal esai yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran
berlangsung dan posstest diberikan setelah pembelajaran
berlangsung. Berdasarkan hasil posttest pada kelompok eksperimen
I dengan eksperimen II menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar
2,280 lebih besar daripada nilai ttabel pada taraf signifikan 5%
sebesar 1,676, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti
model pembelajaran Examples non Example dengan siswa yang
mengikuti model pembelajaran Picture and Picture.
Kata kunci: model Examples non Example, model Picture and
Picture, kemampuan berpikir kritis, Ilmu
Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13406 |