PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 4 SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU

Agustyanti, Putu Zelinka and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 4 SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Putu Zelinka Agustyanti NPM A1G014083.pdf] Text
Skripsi Putu Zelinka Agustyanti NPM A1G014083.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental
dengan jenis desain the matching only pretest-posttest control group design terdapat
dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas 4 Gugus XV Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 2 kelas terdiri dari
kelas IV D SDN 74 Kota Bengkulu berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas IV C SDN 101 Kota Bengkulu berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk
soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest,
untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah
pembelajaran di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Berdasarkan hasil persentase
hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
50,8%, IPS 48,4%, dan IPA 45,4% sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil
belajar yang diperoleh pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 13,09%, IPS 29,1%,
IPA18,9%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan media permainan ular tangga.
Kata kunci: Media Permainan Ular Tangga, Pembelajaran Tematik, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:24
Last Modified: 18 Jul 2023 01:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200