Prayogi, Rizki Dwi and Muktadir, Abdul and Wurjinem, Wurjinem (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RIZKI DWI PRAYOGI.pdf [thumbnail of SKRIPSI RIZKI DWI PRAYOGI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIZKI DWI PRAYOGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap keterampilan
menulis puisi siswa kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental research) dengan jenis desain
penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu
yang berjumlah 399 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 rombongan belajar,
teridiri dari kelas VC SDN 82 Kota Bengkulu (sebagai kelas eksperimen) dan
kelas VA SDN 73 Kota Bengkulu (sebagai kelas kontrol). Instrumen penelitian
yang digunakan berupa tes keterampilan menulis puisi yang diberikan melalui
pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran
berlangsung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian
diketahui bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen (58) dan posttest (79),
sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol (57) dan posttest (73). Hasil uji-t
posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai t hitung 3,97
lebih besar dari pada nilai t table pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67, sehingga
Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence
berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN
Gugus IX Kota Bengkulu.
Kata kunci : Concept Sentence, Media Gambar, Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13433 |