Setiawan, Rozi and Winarni, Endang Widi and Nani, Yuliantini (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think
Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik
terpadu siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain
dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dari 72 SD Negeri Kota
Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 dan terakreditasi A. Sampel
penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh
kelas VB SD Negeri 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen berjumlah 37
siswa dan kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol berjumlah
33 siswa, dan kelas VI SD Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba
instrumen berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes
kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 7 butir soal dengan bentuk soal uraian.
Hasil uji t gain skor didapatkan harga thitung sebesar 2,50 lebih besar dari harga
ttabel sebesar 2,00 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model
Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan
uji hipotesis, diperoleh bahwa: terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair
Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik
terpadu siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Think Pair Share (TPS), dan
Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13435 |