Agustina, Sri and Karjiyati, Victoria and Pebrian, Tarmizi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Sri Agustina.pdf [thumbnail of Sri Agustina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sri Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi tiga
dimensi (3D) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas
V SDN 82 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain
yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian
terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas VC di SDN 82 Kota Bengkulu
sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA di SDN 60 Kota Bengkulu
sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil
belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest sebelum
pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data
dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif
dan analisis inferensial yaitu dengan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji�t dengan nilai thitung sebesar 3,06 dan nilai ttabel sebesar 1,673. Jadi dengan thitung
(3,06) > ttabel (1,673) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media animasi tiga dimensi (3D) terhadap hasil
belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V SDN 82 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Media animasi tiga dimensi (3D), hasil belajar, matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13439 |