PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU

Apriliyani, Tiara and Dadi, Sri and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi Tiara( A1G014062).pdf] Text
skripsi Tiara( A1G014062).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based
Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis desain The Matching Only
Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas IV gugus 14 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B
SDN 42 Kota Bengkulu dan kelas IV A SDN 45 Kota Bengkulu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Jumlah sampel
52 siswa terdiri dari kelas IV B SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 25 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 27
siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes
hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda(Multiple Choices) yang
diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan
keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Pengambilan
tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil presentase hasil belajar
yang diperoleh kelas eksperimen pada mata pelajaran PKn, Bahasa
Indonesia, IPA yaitu 55,2%, 47,9%, 50% sedangkan pada kelas kontrol
peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada mata pelajaran PKn,
Bahasa Indonesia, IPA yaitu 41,04%, 30,3%, 21,7%. Hal ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik yang menggunakan model Project Based Learning
(PjBL).
Kata kunci: Model PjBL, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:11
Last Modified: 27 Jul 2023 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item
View Item