MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Raudhatul Athfal IPKB Kabupaten Rejang Lebong)

Astuti, Nyimas Yeyen Dwi Mulya and Nasirun, Nasirun and Indrawati, Indrawati (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Raudhatul Athfal IPKB Kabupaten Rejang Lebong). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Nyimas Yeyen Dwi Mulya Astuti.pdf] Text
Skripsi Nyimas Yeyen Dwi Mulya Astuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan memanfaatkan lingkungan
sebagai media belajar pada anak kelompok B PAUD Raudhtul Athfal IPKB
Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 15 orang anak yang
terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata�rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui
kegiatan menganyam dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar
dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak dari rata-rata pada siklus I
3,43 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu 4,11 dengan kriteria
baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan menganyam dengan memanfaatkan
lingkungan sebagai media belajar difokuskan pada aspek menjimpit, menjumput,
memegang dan koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini kurang cocok pada
aspek koordinasi mata dan tangan dikarenakan aspek koordinasi mata dan tangan
berada pada rata-rata paling rendah, oleh karena itu disarankan pada peneliti
selanjutnya untuk melanjutkan penelitian tentang keterampilan motorik halus
melalui kegiatan menganyam menggunakan media lainya seperti menggunakan
media pita berwarna.
Kata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Menganyam,
Lingkungan Sebagai Media Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:41
Last Modified: 18 Jul 2023 04:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13509

Actions (login required)

View Item
View Item