Apriansyah, Robi and Hasnawati, Hasnawati and Neza, Agusdianita (2018) DESKRIPSI KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 32 KABUPATEN SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ROBIAPRIANSYAH_A1G013120.pdf [thumbnail of ROBIAPRIANSYAH_A1G013120.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ROBIAPRIANSYAH_A1G013120.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam
menjelaskan pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten
Seluma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten
Seluma. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan
pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas
data melalui perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Hasil
penelitian tentang keterampilan guru dalam menjelaskan pada pembelajaran
matematika di kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma, bahwa guru SR
memiliki aspek-aspek keterampilan menjelaskan sebagai berikut : (a) Kejelasan
Informasi yang meliputi kejelasan bahasa dan kejelasan materi, (b) Pemberian
contoh dan ilustrasi yang meliputi Penggunaan contoh dan ilustrasi dan
Pengorganisasian materi, (c) Pemberian tekanan yang meliputi Penekanan suara
dan Penekanan mimik, gerak dan isyarat lainnya, (d) Memberikan balikan yang
meliputi Usaha memperoleh balikan dan Usaha penggunaan balikan. Namun masi
ada satu aspek yang belum dilakukan oleh guru, yaitu dalam pemberian contoh
dan ilustrasi guru tidak menggunakan media pembelajaran saat menjelaskan.
Kesimpulanya Guru di Kelas V SD Negeri 32 Kabupaten Seluma, memiliki
keterampilan menjelaskan sesuai dengan aspek-aspek menyajikan penjelasan,
namun masih ada satu aspek yang belum dilakukan oleh guru, yaitu dalam
pemberian contoh dan ilustrasi guru tidak menggunakan media pembelajaran saat
menjelasakan.
Kata Kunci: Keterampila Menjelaskan, Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13527 |