Damayanti, Yuni Atika and Kurniah, Nina and Neza, Agusdianita (2018) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B1 TK WITRI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI YUNI OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI YUNI OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YUNI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuanpenelitianiniuntukmeningkatkankemampuan pemecahan
masalahanakmelaluimetode eksperimen dalam pembelajaran sains padakelompok
B1 TK Witri 1 kota Bengkulu.Metodeyang
digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK)yang
dilakukanmelaluiduasiklusdansetiapsiklusnyaterdiridaritigapertemuan.Subjekpene
litiananakkelompok B1 TK Witri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang
anakterdiridari 6 orang Laki-lakidan 4 orang Perempuan. Teknikpengumpulan
data menggunakanobservasi.Teknikanalisis data menggunakan rumus rata-rata
ketuntasan klasikal dan t-test. Hasilpenelitianmenunjukkan rata-rata 6,4 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80% dan hasil uji mengalami peningkatan yang
signifikan dengan hasil ujit = 4,07 ℎ = 2,26 pada taraf
signifikan 5%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen
dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
anak. Disarankanbagiguru menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran
sains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak.
Penelitiselanjutnya dapat melakukanpenelitian yang sama dengan menggunakan
materi atau sub-tema yang lain.
Kata Kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah,Metode Eksperimen
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 08:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13563 |