Sari, Puspa Puspita and Budiyono, Budiyono and Anita, Marianata (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK PERAWAT 1708 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KEPAHIANG DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Puspa Puspita - Puspa Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tahun 2019 merupakan tahun dimana munculnya wabah virus yang disebut
dengan pandemi covid-19. Munculnya pandemi ini tentu saja membuat sistem
sosial dalam masyarakat mengalami perubahan, termasuk juga pada sistem
pelayanan publiknya. Skripsi ini berjudul Inovasi Pelayanan Publik PERAWAT
1708 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepahiang Dalam
Menghadapi Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan inovasi pelayanan publik PERAWAT 1708 di Kabupaten Kepahiang
ketika masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian
berjumlah sepuluh orang terdiri dari lima orang pihak Dukcapil dan lima orang
dari masyarakat. Aspek penelitian diadopsi dari teori Suwarno, lima atribut inovasi
diantaranya : Relative Advantage atau Keuntungan Relatif, Compatibility atau
Kesesuaian, Complexity atau Kerumitan, Triability atau Kemungkinan dicoba, dan
Observability atau Kemudahan diamati. Hasil dari penelitian menunjukkan dalam
aspek Relative Advantage ditemukan bahwa inovasi PERAWAT 1708
memberikan keuntungan bagi masyarakat. Masyarakat dimudahkan dalam
mengurus keperluannya. Dalam aspek Compatibility inovasi memiliki kesesuaian
dengan sistem pelayanan publik sebelumnya. Dan berdasarkan aspek Complexity
inovasi tidak memiliki kerumitan yang sangat tinggi, hanya saja memang ada
beberapa kendala seperti masih banyak masyarakat yang belum mengerti cara
menggunakan handphone dan ada juga yang tidak memiliki android. Sementara
itu berdasarkan aspek Triability inovasi tidak memiliki fase uji publik secara
khusus. Hal tersebut karena fase uji publik langsung dilakukan berbarengan
dengan penerapan inovasi. Terakhir berdasarkan aspek Observability inovasi yang
diterapkan mudah untuk diamati. Peneliti menyimpulkan bahwa adanya inovasi
PERAWAT 1708 memudahkan masyarakat yang ingin mengurus keperluannya.
Masyarakat yang memiliki keperluan tinggal menghubungi nomor telepon yang
telah disediakan oleh pihak Dukcapil. Adanya inovasi juga dapat meminimalisir
penyebaran covid-19.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13599 |