Solikha, Almar Atus and Zulkarnain, Rufran and Ririn, Gusti (2017) PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF DALAM MEMBACA AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKANAL-QURAN(TPQ) ASY-SYIFA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini secara umum adalah bagaimana pembelajaran
transformatif sebagai pembelajaran mebaca Al-Quran di TPQ Asy-Syifa. Tujuan
penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui apakah TPQ Asy-Syifa
mengunaka pembelajaran transformatif dalam pembelajaran membaca Al-Quran
di TPQ Asy-Syifa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek
penelitian meliputi kepalah sekolah, tutor. Untuk membuktikan keabsahan data,
dilakukan pengecekan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu,
dan trianggulasi teknik. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa
pertama adanya upaya guru dan anak didik dalam merumuskan masalah yang ada
di dalam materi pembelajaran Al-Quran sebelum memulai pembelajaran Al- Quran. Kedua adanya cara guru merumuskan masalah-masalah yang terdapat
dalam materi pembelajaran membca Al-Quran. Ketiga, adanya masalah materi
huruf hijaiiah, materi tajwid dan materi tahsin yang ada di materi pembelajaran
membaca Al-Quran. Keempat perencanaan tindakan solusi mengatasi masalah
yang dirumuskan dalam materi pembelajaran membaca Al-Quran pada guru dan
murid. Kelima adanya tindakan solusi sesuai dengan masalah yang dirumuskan
dalam materi pembelajaran membaca Al-Quran. Keenam, melakukan evaluasi
terhadap tindakan solusi yang dilakukan anak dalam pembelajaran membaca Al- Quran. Ketujuh adanya hasil dari tindakan solusi yang dilaksanakan anak murid
dalam menagtasi masalah materi pembelajaran membaca Al-Quran.
Kata kunci : Pembelajaran, Transformatif, TPQ Asy-Syifa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 01:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 01:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13690 |