Hasanah, Dwi Fitria and Sofino, Sofino and Abdullah, Ilham (2018) PENERAPAN PILAR PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SENTRA BAHAN ALAM PADA PLAY GROUP PAUD FATMA KENANGA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI DWI FITRIA HASANAH.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI DWI FITRIA HASANAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF SKRIPSI DWI FITRIA HASANAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pilar
pendidikan karakter berbasis sentra bahan alam pada play group PAUD
Fatma Kenanga Kota Bengkulu dan faktor-faktor yang mempengaruhi
dalam penerapan pilar pendidikan karakter berbasis sentra bahan alam pada
play group PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan
partisipan penelitian menggunakan puposive sampling. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi non
partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas dan reliabilitas
menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Berdasarkan analisis
yang telah dilakukan bahwa penerapan pilar pendidikan karakter berbasis
sentra bahan alam pada play group PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu
meliputi perencanaan dengan menyusun program tahunan, program
semesteran, RPPM, RPPH mengacu pada kurikulum 2013. Pelaksanaannya
dilakukan seminggu sekali pada hari selasa. Terdapat sembilan pilar karakter
yang diterapkan melalui pembiasaan sehari-hari dan kegiatan sentra dengan
menggunakan metode yang disesuaikan dengan kegiatan, serta
menggunakan media yang berasal dari alam langsung. Setelah itu, dilakukan
evaluasi harian, mingguan, dan bulanan. Peserta didik dapat menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pilar pendidikan karakter tersebut
didukung oleh sarana yang memadai, pendidik yang lulusan PAUD, antusias
peserta didik yang tinggi, kerja sama dengan orang tua dan terdapat juga
faktor penghambat yakni setting tempat outdoor yang lumayan jauh dan
indoor yang kurang memadai.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Play Group, Pilar Pendidikan Karakter, Sentra Bahan Alam
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13699 |