Wohanda, Nanda Ayu and Rachmat, Agus Zainal and Ririn, Gusti (2018) UPAYA GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN ANAK PADA TPQ MASJID JAMI’ BABUSSALAM KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI OK YES.pdf [thumbnail of SKRIPSI OK YES.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OK YES.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya
guru ngaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak pada
TPQ Masjid Jami’ Babussalam Kota Bengkulu. Metode yang digunakan
adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
ditarik kesimpulan bahwaPertama, metode yang digunakan guru ngaji dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah metode Iqra
dengan alasan karena dengan menggunakan metode Iqro ini anak cepat
nangkap dan cepat memahami pelajaran membaca Al-Quran danbuku Iqro
ini mudah di dapatkan,mudah di temui di toko-toko,penerapan metode Iqro
ini yaitu dengan cara anak maju secara satu persatu kemudian guru ngaji
melaksanakan pengenalan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada
anak bacaan yang benar yaitu judul bacaannya, kemudian baru anak mengaji
dan guru hanya menyimak bacaan anak,apabila anak membaca salah maka
guru langsung menegur dan memberikan contoh bacaan yang benar kepada
anak kemudian anak melanjutkan lagi bacaannya tanpa harus mengulang
dari awal.Kedua,upaya pengembangan yang dilakukan guru ngaji dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak adalah setelah mereka
khatam Al-Quran anak di evaluasi dan anak mengulang bacaan Al-Quran
dengan menambah materi tajwid dan nada dalam membaca Al-Quran,selain
itu anak juga mengembangkan bacaan Al-Qurannya yaitu dengan cara
menyimak dan menjadi tutor bagi teman sebaya nya yang bacaannya masih
di bawah.Ketiga, upaya guru ngaji dalam memberikan motivasi kepada anak
tentang pentingnya kemampuan membaca Al-Quran anak adalah dengan
cara bercerita tentang kehidupan para Nabi dan juga melakukan sharing
tentang pentingnya membaca Al-Quran antara guru ngaji dan
anak.Keempat, keberhasilan yang telah di capai dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca Al-Quran anak yaitu anak-anak di TPQ sudah hapal
ayat-ayat pendek, bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar
berdasarkan tajwid dan juga bisa membaca Al-Quran dengan cara
berirama.Kelima, faktor pendukung dalam upaya meningkatkan
kemampuan membaca Al-Quran anak adalah kelayakan sarana dan
prasarana yang dimiliki Oleh TPQ Masjid Jami’ Babussalam sedangkan
faktor penghambat guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca
Al-Quran anak adalah perbedaan kemampuan anak.
Kata Kunci :Upaya,Metode Iqro,pengembangan,Motivasi,hambatan dan
dukungan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:01 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13746 |