Rahayu, Pipin Sri and Rizkan, Rizkan and Suardi, Jasma (2018) PENGGUNAAN BAHASA IBU DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI PKBM NURZIKRA HIDAYAH DI KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi PIPIN SRI RAHAYU.pdf [thumbnail of Skripsi PIPIN SRI RAHAYU.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi PIPIN SRI RAHAYU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (18MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahasa ibu
dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Nurzikra
Hidayah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Subjek dalam penelitian
ini sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis studi kasus dengan langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan
triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa
ibu dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Nurzikra
Hidayah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan menunjukkan bahwa
metode yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional
menggunakan metode diskusi, metode praktek dan metode tanya jawab,
jenis bahasa ibu yang digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan
fungsional yaitu bahasa serawai dan bahasa pasma, materi yang digunakan
dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional melalui penggunaan
bahasa ibu yaitu belajar menulis, membaca, berhitung, keterampilan dan tata
boga, media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran keaksaraan
fungsional yaitu alat tulis kantor, infocus papan tulis dll, faktor pendukung
dalam proses pembelajaraan keaksaraan fungsional yaitu adanya semangat
belajar dan kerja sama dengan pihak pemerintah sedangkan faktor
penghambat dalam proses pembelajaran keaksaraan fungsional waktu
pelaksaan kegiatan pembelajaran, kesibukan warga belajar dan jarak antar
lembaga dari rumah warga belajar.
Kata Kunci:Bahasa Ibu, Keaksaraan Fungsional
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13750 |