NEED ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS OLEH PENGELOLA PADA LKP LANTERN HOUSE KOTA BENGKULU

Sipsiansyah, Sipsianysah and Abdullah, M Ilham and Suardi, Jasma (2018) NEED ASSESSMENT DALAM MENENTUKAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS OLEH PENGELOLA PADA LKP LANTERN HOUSE KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SIPSIANSYAH_A1J014052_S1-PNF_2014.pdf] Text
SIPSIANSYAH_A1J014052_S1-PNF_2014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi kebutuhan
belajar masyarakat oleh pengelola LKP Lantern House kota Bengkulu
dalam menentukan program kursus bahasa inggris. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang bersifat deskriptif.
Pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan
tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
keputusan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) pengelola
menggunakan langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar
masyarakat dengan tahapan-tahapan yaitu pengumpulan informasi, tahapan
identifikasi kesejangan, analisis performa, identifikasi hambatan dan
sumber, identifikasi karakteristik siswa, identifikasi tujuan, dan menentukan
permasalahan. (2) Pengelola menggunakan teknik observasi dalam
mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat. (3) Metode yang dilakukan
oleh pengelola dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat yaitu
promosi dan pendekatan komunikasi. (4) Pengelola tidak menggunakan
model penilaian khusus dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar
masyarakat. Namun pengelola menganalisa situasi dan kondisi di
masyarakat terhadap kebutuhan bahasa inggris. (5) Dalam menetapkan
program prioritas, pengelola menggunakan asumsi pribadi dengan
menganalisa kebutuhan masyarakat terhadap bahasa inggris. (6) Dalam
proses identifikasi kebutuhan belajar masyarakat, pengelola menemukan
faktor penghambat di lapangan baik secara intrinsik (kekurangan rekan kerja
dan minimnya finansial atau pendanaan) maupun secara ekstrinsik
(kesulitan dalam mencari lokasi promosi/observasi di lapangan). (7) Faktor
pendukung pengelola dalam proses identifikasi kebutuhan belajar
masyarakat menjadi dua yaitu intrinsik (sifat optimis dan kemampuan dalam
menggunakan media informasi dan komunikasi) dan ekstrinsik (relasi kerja
dengan komunitas dan organisasi kampus). Rekomendasi dari penelitian ini
agar semua lembaga atau pengelola yang akan membuka program belajar
atau kursus untuk melakukan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
terlebih dahulu supaya program yang ditawarkan sesuai asas kebutuhan
masyarakat.
Kata Kunci : Need Assessment, Program Kursus Bahasa Inggris, dan
Pengelola LKP

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:33
Last Modified: 21 Jul 2023 07:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200