Sulastri, Sulastri and Rizkan, Rizkan and Ririn, Gusti (2018) PENGGUNAAN METODE DRILL (LATIHAN) DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ BAKTI ILAAHI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi SULASTRI.pdf [thumbnail of Skripsi SULASTRI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi SULASTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan peneliti ini secara umum adalah untuk mengetahui Penggunaan
Metode Drill (Latihan) Dalam Menghafal Di Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi
Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa
Pertama, Guru tidak merencanakan secara tertulis, guru hanya
menggunakan metode drill (latihan) dalam proses pembelajarannya
menggunakan metode mereka masing – masing yang dilakukan ketika
menghafal. Akan tetapi pelaksanaan Metode Drill (latihan)nya yang
dilakukan oleh guru yaitu menggunakan sistem metode wahdah yang mana
metode ini anak menghafal satu per satu terhadap ayat yang hendak
dihafalnya untuk mencapai hafalan. Untuk mencapai hafalan awal, setiap
ayat bisa dibaca sepuluh kali atau dua puluh kali atau lebih, sehingga proses
ini mampu membentuk pola dalam bayangannya. Dengan demikian,
penghafal akan mampu mengkondisikan ayat-ayat yang dihafalkannya
bukan saja dalam bayangannya, akan tetapi hingga benar-benar membentuk
gerak refleks pada lisannya. Setelah benar-benar hafal, barulah dilanjutkan
pada ayat-ayat berikutnya. Maka dari itu, dengan adanya metode drill
(latihan) dalam menghafal Al-Quran dengan menggunakan metode wahdah
ini dapat membantu proses mengingat menghafal anak. Kedua, Guru
menggunakan Metode Drill (Latihan) secara bertahap dimulai dari yang
sederhana sampai taraf yang lebih kompleks atau sulit secara intensif
dengan dilakukan mereka sering membaca Al-Quran yang dilakukan secara
berulang – ulang dan latihan dalam pengucapan ayat- ayat yang anak merasa
sulit diucapkan, sehingga anak dapat berperan aktif di dalam proses
pembelajaran. Maka dari itu dengan dilakukannya latihan dan praktek
secara berulang-ulang menyebabkan anak akan terbiasa dan terlatih saat
menghafal serta paham dengan apa yang telah dipelajarinya yang membuat
hasil dalam pembelajaran pun lebih optimal. Ketiga, Guru menggunakan
Metode Drill (Latihan) untuk materi yang dirasakan sulit oleh anak bahwa
bacaan Al-Quran harus ada penuh ketelitian, kecermatan terhadap harakat
perlu diperhatian, ucapan dalam kalimat ayat-ayatnya harus jelas, dan
bacaan serta tajwidnya harus benar, sehingga dengan adanya latihan yang
diberikan dapat mengatasi kesalahan- kesalahan yang dialami anak dalam
menghafal serta guru harus mengerti kemampuan, kesulitan dan
perkembangan pada anak sehingga dalam kegiatan untuk proses
pembelajaran tahfidz dapat memberikan latihan yang sesuai dengan
kemampuannya. Keempat, Guru memperhatikan perbedaan individual
vii
dalam menghafal Al-Quran dengan memperhatikan secara menyeluruh pada
anak. Sebab anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda- beda dari
tingkat hafalannya, perilakunya, pemahamannya, bahkan metode dalam
menghafalnya sendiri. Oleh sebab itu, anak perlu dibimbing dalam proses
menghafal Al-Quran maupun materi yang lain, agar apa yang mereka
pelajari dapat diterima dan ingat serta mengenali karakter anak baik dari
segi kognitif, psikomotorik, dan afektifnya sehingga dalam proses
pembelajaran tahfidz dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan yang
dimiliki anak.
Kata Kunci : Penggunaan, Metode Drill (Latihan), Menghafal Al�Qur’an, Rumah Tahfidz.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:35 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 07:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13769 |