Ulandari, Yartika and Rachmat, Agus Zainal and Izzudin, Izzudin (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIPAUD ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI YAR OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI YAR OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YAR OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran anak
berkebutuhan khusus di PAUD Alam Bengkulu Mahira Kota
Bengkulu.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik
kesimpulan bahwa (1) Harapan/target dalam pembelajaran anak
berkebutuhan khusus terdapat 7 target perkembangan yaitu target
perkembangan nilai agama dan moral, target perkembangan fisik, target
perkembangan kognitif, target perkembangan bahasa, target perkembangan
sosial emosional, target perkembangan bina diri, dan target perkembangan
sains. (2) Penentuan alokasi waktu belajar anak yang berkebutuhan khusus
di PAUD Alam Bengkulu Mahira terdapat tiga model pembelajaran yaitu
yang petama, anak reguler dan anak berkebutuhan khusus belajar bersama- sama dalam satu kelas, kedua yaitu anak berkebutuhan khusus belajar secara
individu di ruang inklusi, kemudian yang ketiga yaitu semua anak
berkebutuhan khusus berkumpul di ruang inklusi. (3) Penyiapan
hadiah/penghargaan bagi anak berkebutuhan ada tiga bentuk. Pertama
berbentuk fisik seperti makanan, snack, dan mainan.Bentuk kedua yaitu
bentuk verbal, dimana hadiah/penghargaan yang diberikan seperti pujian
dan motivasi.Kemudian yang ketiga yaitu hadiah/penghargaan berbentuk
non verbal seperti pelukan, acungan jempol, tepuk tangan dan tos
bersama.(4) Pemberian tugas/pekerjaan kepada anak yang berkebutuhan
khusus ada dua bentuk tugas. Pertama tugas umum dimana tugas yang
diberikan sama dengan tugas yang diberikan kepada anak reguler, namun
tugas umum yang diberikan tetap mempertimbangkan kemampuan anak itu
sendiri. Selanjutnya yang kedua yaitu tugas khusus, dimana tugas tersebut
dirancang khusus untuk anak berkebutuhan khusus sesuai dengan target
masing-masing anak.(5) Pemberian bantuan tertentu kepada anak
berkebutuhan khusus ada tiga bentuk. Pertama bantuan secara fisik, dimana
bantuan ini diberikan langsung kepada anak berkebutuhan khusus dengan
sentuhan fisik secara langsung. Kemudian yang kedua bantuan secara verbal
yaitu bantuan yang diberikan seperti mengajarkan anak mengucap salam,
menyapa teman dan berterima kasih. Selanjutnya yang ketiga bantuan
secara emosional, dimana bantuan diberikan dengan cara membantu
meredamkan emosi anak. (6) Dalam proses pembelajaran tema dan mata
pelajaran yang diberikan kepada anak sama, baik bagi anak reguler maupun
anak berkebutuhan khusus. Namun berbeda dalam beban pembelajaran yang
diberikan.
Kata kunci :Strategi Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, PAUD
Alam Bengkulu Mahira
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:39 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 07:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13771 |