Setiabudi, Agung and Maizora, Syafdi and Fachruddin, M. (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Agung Setiabudi.pdf [thumbnail of Skripsi Agung Setiabudi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Agung Setiabudi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan
Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan
Pemahaman Konep Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kota Bengkulu
yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi
model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari
validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator.
Kepraktisan LKPD diuji pada dua belas peserta didik di kelas VIII 2 SMP Negeri
3 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh dua peserta didik di
kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran
2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, kepraktisan dan
efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik
Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Di SMPN 3
Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) valid dari aspek materi, konstruksi,
skor rata-rata bahasa 132,25 dan dengan skor rata-rata 36,5; (b) sangat praktis
dengan skor rata-rata 78,04 dan; (c) efektif berdasarkan : 1) respon peserta didik
dengan skor rata-rata 63,88 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas peserta didik
dengan skor rata-rata 66,5 dalam kategori sangat baik dan; 3) hasil belajar peserta
didik mencapai ketuntasan klasikal 81,25%.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Pemahaman
Konsep matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:39 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13797 |