PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU

Hestavia, Ahen and Muchlis, Effie Efrida and Della, Maulidiya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi_AHEN HESTAVIA.pdf] Text
skripsi_AHEN HESTAVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 14 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas VII.3
sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran saintifik dan siswa kelas
VII.4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran
Examples Non Examples. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes
dan analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan
homogen. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih
tinggi, yaitu 80,48, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 41,37. Hasil uji
hipotesis diperoleh thitung > ttabel maka 11,7 > 1,698 dengan = 5%. sehingga H0
ditolak maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 14 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Examples Non Examples, saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:46
Last Modified: 21 Jul 2023 08:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item
View Item