Alfajri, Ahmad Rozaq and Zamzaili, Zamzaili and Nurul, Astuty Yensy (2018) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA POKOK MATERI TURUNAN FUNGSI DI MAN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Ahmad Rozaq Alfajri.pdf [thumbnail of Ahmad Rozaq Alfajri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ahmad Rozaq Alfajri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal Hihger Order Thinking pada
materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development).
Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap pendefinisian,
tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari validasi ahli(validasi
logis), uji empiris (validitas, reabilitas,daya pembeda dan taraf kesukaran) . Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama dan XI Bahasa MAN 1 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 39 orang siswa untuk uji empiris
dan 37 orang siswa untuk uji produk soal. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah Lembar Validasi soal-soal higher order thinking, Lembar
Kepraktisan soal siswa, Lembar solusi siswa. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan, dari masalah yang diberikan yaitu bagaimana hasil pengembangan soal�soal higher order thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota
Bengkulu yang valid dan praktis dapat diambil kesimpulan yaitu hasil
pengembangan soal-soal higher order thinking pada materi turunan fungsi untuk
siswa MAN 1 Kota Bengkulu adalah: (1) soal termasuk dalam katagori “sangat
valid” menurut ahli dalam aspek isi dengan rata-rata validitas 17,85, dalam aspek
konstruksi dengan rata-rata validitas 17,7 dan pada aspek bahasa dengan rata-rata
validitas 22,7; (2) soal termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan data
kepraktisan siswa yaitu 4,68, dengan validasi semua soal berada dikatagori valid
dengan reabilitas 0,70178, indeks kesukaran berada di kriteria mudah dan sedang
dan daya pembeda soal berada pada kriteria cukup. Pada uji produk soal
menghasilkan (1) Nilai rata-rata siswa berdasarkan lembar solusi soal yaitu 82,59,
(2) persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75
adalah 70,56%.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan ,Soal-soal Higher Order Thinking
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13802 |