PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MASALAH REALISTIKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Efrialinda, Aisyah and Fachruddin, Fachruddin and Dewi, Rahimah (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MASALAH REALISTIKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_AISYAH EFRIALINDA_A1C013036.pdf] Text
SKRIPSI_AISYAH EFRIALINDA_A1C013036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas
belajar, hasil belajar dan responpeserta didik dengan Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Masalah Realistik. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan teknik
pengumpulan data melalui lembar obeservasi aktivitas peserta didik, tes hasil
belajar dan lembar angket respon peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Pada penelitian ini
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas, hasil belajar dan respon
peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara mengatur
perpindahan peserta didik saat bertamu, meminta peserta didik mencatat dan
menyimak informasi yang didapatkan saat bertamu, peserta didik yang masih
ribut diberikan pertanyaan yang mendorongnya untuk memperhatikan dan fokus
pada pembelajaran, siswa diberi penjelasan, motivasi dan bimbingan dalam
mengemukakan pendapat. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat
dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 19,63
(kurang aktif); 27,75 (cukup aktif); 35,00 (aktif). Sedangkan hasil belajar peserta
didik dapat ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik
agar lebih baik lagi dalam melaksanakan pembelajaran dan menekankan peserta
didik agar lebih teliti dalam mengerjakan soal, dan menanyakan kesulitan belajar
yang peserta didik alami. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I
sampai siklus III yaitu: 67,01; 75,75; 86,72 dengan persentase ketuntasan belajar
klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 35%; 70%; 90%. Peningkatan respon
peserta didik dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata respon peserta didik dari
siklus I sampai siklus III yaitu: 28,9 (cukup tinggi); 37,8 (cukup tinggi); 44,35
(tinggi).
Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajar, respon, two stay two stray, masalah realistik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:04
Last Modified: 21 Jul 2023 09:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

View Item
View Item