PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Wati, Andi Mutiara and Herawaty, Dewi and Dewi, Rahimah (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_ANDI MUTIARA WATI_A1C013068.pdf] Text
SKRIPSI_ANDI MUTIARA WATI_A1C013068.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team
Game Turnament Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan
Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama
Dr.Hj.Dewi Herawaty, M.Pd dan Pembimbing Pendamping
Dr. Dewi Rahimah, S.Pd ,M.Ed. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran koopertif
Tipe TGT sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan belajar siswa pada materi bilangan
bulat dan pecahan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil
belajar matematika dan respon siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara pembagian
kelompok yang tepat, memberikan bimbingan belajar kepada siswa berkemampuan rendah,
memberikan teguran dan tindakan kepada siswa yang tidak mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata dari
siklus I hingga siklus III yaitu: 18,63; 21,38; 26,13. Sedangkan hasil belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan cara memberikan contoh soal pada tahap presentasi,melakukan
diskusi bersama dengan mencocokan kunci jawaban yang diberikan, membahas soal
turnament yang diaggap sulit,menyimpulkan materi pembelajaran diakhir pembelajaran
serta memberikan motivasi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan
nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 54,05; 75,90; 80,15 dengan
presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 30%; 60%; 80%.
Respon Siswa ditingkatkan dengan membimbing siswa agar lebih tertarik dan antusias
dalam belajar, serta motivasi belajar dalam bentuk permainan yaitu game turnament. Peningkatan Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT dlihat dari rata�rata skor angket respon siswa dari siklus I hingga Siklus III yaitu: 35,3 ; 43,25 ; 65
Kata Kunci: Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa,Team Game Turnament, Respon siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:39
Last Modified: 24 Jul 2023 01:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13818

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200