PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Susanti, Apri and Susanta, Agus and Muchlis, Effie Efrida (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_A1C014055 Apri Susanti.pdf] Text
Skripsi_A1C014055 Apri Susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA)
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP
Negeri 1 Bengkulu Tengah Skripsi S1 Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs.
Agus Susanta M.Ed., Ph.D., dan Pembimbing Pendamping
Effie Efrida Muchlis, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran means-ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Sampel Penelitian ini
adalah siswa kelas VII 9 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran
ekspositori dan Kelas VII 8 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model
pembelajaran means-ends analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen tes. Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi
normal dan homogen. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,79 dan nilai rata-rata
kelas eksperimen adalah 55,19. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata�rata siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran means-ends analysis
(MEA) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran ekspositori. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,242 > nilai ttabel =
2,000 dengan = 5%. sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran means-ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Means-Ends Analysis (MEA), Ekspositori

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:55
Last Modified: 24 Jul 2023 01:55
URI: https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item
View Item