Nugraha, Arief and Maulidiya, Della and Fachruddin, M (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TENTANG SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Arief Nugraha_A1C014019.pdf [thumbnail of Skripsi_Arief Nugraha_A1C014019.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Arief Nugraha_A1C014019.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (7MB)
Abstract
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dengan
Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep
Tentang Sifat-sifat Segiempat dan Segitiga pada Siswa
Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.
Pembimbing Utama Della Maulidiya, S.SI, M.Kom dan
Pembimbing Pendamping Drs. M Fachruddin S., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga terhadap
pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 10
Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling,sehingga diperoleh kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dengan
peserta didik berjumlah 31 orang yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik berbantuan alat peraga dan VII.B sebagai kelas kontrol
dengan peserta didik berjumlah 31 orang yang hanya mendapat perlakuan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji regresi dengan data
berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai
rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 67,85 dan nilai rata-rata siswa kelas
kontrol adalah 65,48. Hasil uji regresi diperoleh nilai Fhitung = 317.99 dan nilai
Ftabel = 4,182, jadi Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan ada pengaruh
penggunaan alat peraga dengan pendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep
tentang sifat-sifat segiempat dan segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 10
Kota Bengkulu. Kata Kunci : Alat peraga matematika, Kemampuan pemahaman konsep, pembelajaran saintifik, Segiempat dan segitiga.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13827 |