Santri, Cici Junita and Maizora, Syafdi and Fachruddin, M. (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI CICI JUNITA SANTRI (A1C014079).pdf
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pembelajaran kontekstual
sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII.2
SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi
aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas
VIII.2 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang
terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini
menunjukkan penerapan Pembelajaran Kontektual Berbantuan Lembar Kerja Peserta
Didik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan
aktivitas dapat dilihat dari kegiatan pemodelan (melakukan penyelidikan mencari
informasi pada alat peraga) dan masyarakat belajar (bekerja sama dalam kelompok
melakukan langkah pada LKPD) dengan skor rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III
secara berturut-turut yaitu 20, 24, 27 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup
aktif, aktif, aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kegiatan
konstruktivisme (menjawab pertanyaan penyelesaian masalah kontekstual), menanya
(membuat pertanyaan yang relevan dengan materi), menemukan (terlibat aktif dalam
menemukan penyelesaian masalah kontekstual) dan refleksi (mampu membuat
kesimpulan mengenai materi yang disajikan) dengan nilai rata-rata kelas tes siklus I, II
dan III secara berturut-turut 68, 74, 78 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III
secara berturut-turut yaitu 58,06%; 70,96%; 83,87%.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Lembar Kerja
Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13840 |