Putri, Cindy Samya and Muchlis, Effie Efrida and Rusdi, Rusdi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_CINDY SAMYA PUTRI.pdf [thumbnail of SKRIPSI_CINDY SAMYA PUTRI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_CINDY SAMYA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair
Share terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi siswa dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel
dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan siswa Kelas VIIID berjumlah 26
orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIE yang terdiri dari 24 orang siswa sebagai
kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 6 kali pertemuan pembelajaran untuk
masing-masing kelas sampel pada rentang waktu 7 April 2018 sampai dengan 14 Mei
2018. Analisis data dilakukan dengan uji-t paired, uji-t independent, dan perhitungan nilai
N-Gain. Pada uji-t paired untuk hasil pretes dan postes kelas eksperimen didapat angka
sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan ( yang menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model
pembelajaran Think Pair Share diterapkan. Sedangkan pada uji-t independen untuk hasil
postes kedua kelas sampel dengan taraf signifikan didapat angka sig.(2-
tailed) = 0,047 < taraf signifikan ( dan
yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika antara
siswa yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dan
siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat
rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,47 dengan kategori sedang dan
pada kelas kontrol 0,34 dengan kategori sedang juga, didapati bahwa angka kenaikan
hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair
Share terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:09 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13842 |