ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN PECAHAN DI SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Della Septilia Eka and Muchlis, Effie Efrida and Susanta, Agus (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN PECAHAN DI SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Della Septilia Eka Pratiwi_A1C012052.pdf] Text
Skripsi_Della Septilia Eka Pratiwi_A1C012052.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal pada materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkuluyang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen dan
teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan
wawancara. Analisis data diawali dengan uji analisi instrumen tes, yaitu pengujian
validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soa dan analisis data hasil tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan
materi bilangan pecahan tedapat sebanyak lima indikator kesalahan. (1) Kesalahan dalam
mengurutkan pecahan dengan tingkat kesalahan sebnayak 17 siswa (53,12%). (2)
Kesalahan menyederhanakan pecahan sebanyak 5 orang siswa (15,62%). (3) Kesalahan
menyederhanakan pecahan sebanyak 7 orang siswa (21,87%). (4) Kesalahan pengurangan
pecahan sebanyak 17 orang siswa (53,12%) pecahan. (5) Kesalahan dalam menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan pecahan sebanyak 10 orang siswa (31,25%). Faktor
penyebab kesalahan siswa terdiri dari: (1) siswa kurang memahami konsep materi, (2)
siswa kurang teliti dalam menelaah dan memahami soal; (4) siswa kurang teliti dalam
melakukan perhitungan, dan (4) siswa tidak mengecek kembali jawaban akhir
Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Deskriptif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:28
Last Modified: 24 Jul 2023 07:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13851

Actions (login required)

View Item
View Item