PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU

Agustina, Dessy and Rahimah, Dewi and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of pdf SKRIPSI DESSY AGUSTINA.pdf] Text
pdf SKRIPSI DESSY AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas, hasil belajar,
serta respon siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan soal
open ended. Penelitian ini merupakan tindakan penelitian terhadap suatu Kelas
dengan tehnik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, tes hasil
belajar, serta angket respon siswa. Subjek dalam penelitian adalah Kelas VIII.8
SMP N 18 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 34 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik yang dilakukan
dengan membentuk kelompok belajar, mengggunakan soal open ended, serta
memotivasi untuk aktif bertanya. Peningkatan aktivitas dilihat dari skor rata-rata
observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 15,13
(kurang aktif); 22,3 (cukup aktif); 26,1 (aktif). Hasil belajar peserta didik
ditingkatkan dengan mengaitkan materi pada kehidupan sehari-hari, serta
membimbing dalam mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar dilihat
dari nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 77,5; 82,2;
84,0 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 67,6%; 91,2%; 82,4%. Respon
peserta didik ditingkatkan dengan membimbing mengerjakan soal open ended
agar lebih tertarik dan antusias dalam belajar, serta memotivasi untuk
membiasakan diri belajar dirumah. Peningkatan respon dilihat dari skor rata-rata
respon peserta didik pada siklus I sampai siklus III yaitu 22,62 (rendah); 33,94
(cukup tinggi); 41,71 (sangat tinggi).
Kata Kunci : Aktivitas Siswa, hasil belajar siswa, pembelajaran kooperatif tipe
TPS, soal open ended, respon.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:34
Last Modified: 24 Jul 2023 07:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item
View Item