PEMANFAATAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Widaryanti, Dewi and Herawaty, Dewi and Muchlis, Effie Efrida (2017) PEMANFAATAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C013021_DEWI WIDARYANTI_(Skripsi).pdf] Text
A1C013021_DEWI WIDARYANTI_(Skripsi).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui cara memanfaatkan kecerdasan majemuk (Multiple
Intelligences) pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2017/2018. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam PTK yakni,
perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa.
Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi bahasa angket tes kecerdasan
majemuk (Multiple Intelligences), lembar angket tes kecerdasan majemuk (Multiple
Intelligences), lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil tes kecerdasan majemuk diperoleh enam kecerdasan yang
dominan dikelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yakni kecerdasan
interpersonal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan logika�matematika, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan kinestetik. Peningkatan
aktivitas siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas
belajar siswa siklus I hingga siklus III yakni 16.5 (kriteria kurang aktif), 24 (kriteria
aktif), 25.5 (kriteria aktif). Dari hasil analisis hasil belajar siswa, nilai rata-rata
siswa siklus I hingga siklus III berturut-turut yakni 68.63; 67.88; dan 89.30.
Sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar
56.52% meningkat menjadi 60.87% pada siklus II dan meningkat hingga mencapai
91.30% pada siklus III.
Kata Kunci: Multiple Intelligences, Student Team Achievement Division, Aktivitas
Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:42
Last Modified: 24 Jul 2023 07:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200