Margono, Eko and Maulidiya, Della and Hanifah, Hanifah (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST-SOLUTION POSING DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_EKOMARGONO_FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (30MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa 
yang menggunakan Pembelajaran Problem Posing tipe Post-Solution Posing lebih 
dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Pembelajaran Problem 
Posing tipe Pre-Solution Posing di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu pada pokok
bahasan Lingkaran. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen 
Semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-only Control Group 
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2
Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan 
teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA E sebagai kelas 
eksperimen 1 dan XI MIPA F sebagai kelas eksperimen 2, serta kelas XI MIPA B
sebagai kelas uji coba. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar 
berupa tes akhir (posttest) yang berbentuk tes essay. Instrumen penelitian telah 
divalidasi dengan uji ahli. Instrument tes akhir diuji cobakan di kelas uji coba, lalu 
dilakukan analisis dengan uji validasi (empiris), uji reliabilitas, uji taraf kesukaran 
dan uji daya pembeda soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk 
dijadikan soal tes akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas eksperimen 1 dengan 
jumlah siswa 33 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 74,96 dan 
varians 158,632. Sedangkan kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 31 orang, 
memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 73,74 dan varians 159,465. Uji 
prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. 
Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen, diperoleh 
bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan Pembelajaran Problem 
Posing tipe Post-Solution Posing kurang dari atau sama dengan hasil belajar 
matematika siswa yang menggunakan Pembelajaran Problem Posing tipe Pre�Solution Posing di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu
Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Pembelajaran Problem Posing, Pendekatan 
Saintifik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:48 | 
| Last Modified: | 24 Jul 2023 07:48 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13856 | 

