Sabillah, Farah Sal and Yensy, Nurul Astuty and Maizora, Syafdi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED) BERBANTUAN LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FARAH SAL SABILLAH.pdf [thumbnail of SKRIPSI FARAH SAL SABILLAH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FARAH SAL SABILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan
hasil belajar siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dalam pembelajaran
matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualized (TAI) berbantuan LKPD berbasis saintifik. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu berjumlah 35 siswa. Jenis
penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data melalui lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team
Assisted Individualized (TAI) berbantuan LKPD berbasis Saintifik dapat
meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII.2 SMPN 4 Kota
Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan membentuk kelompok siswa secara
heterogen, membagikan LKPD berbasis saintifik pada tiap pertemuan, mengerjakan
latihan kemampuan secara individual, mengoreksi jawaban latihan kemapuan, dan
mengerjakan tes formatif. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan
hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa masuk dalam
kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 14,875. Pada siklus II aktivitas belajar
siswa masih dalam kategori aktif dengan rata-rata skor 21,625. Sedangkan pada
siklus III aktivitas belajar siswa sudah mencapai kategori aktif dengan rata-rata skor
24,5. Sedangkan, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata
hasil belajar dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,38; 81,23; 85,83. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, LKPD, Pendekatan
Saintifik, Aktivitas belajar dan Hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13860 |