ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

S, Pebri Daniel and Susanta, Agus and Rahimah, Dewi (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI .pdf] Text
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU KELAS V SD NEGERI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal pada materi pengukuran waktu. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini
adalah 31 siswa-siswi kelas V Semester ganjil tahun 2016/2017. Instrumen dan teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan wawancara. Analisis data
menggunakan Validitas,Reliabilitas,Tingkat Kesukaran Soal, dan Daya Pembeda Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan : (1) Sebanyak 7 orang dari 31
orang siswa melakukan kesalahan menuliskan dalam notasi waktu 24 jam, (2) Sebanyak 5
orang dari 31 orang siswa melakukan kesalahan menuliskan dalam notasi waktu 12 jam, (3)
sebanyak 27 orang dari 31 orang siswa melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan
satuan waktu jam,menit dan detik, (4) sebanyak 27 orang siswa melakukan kesalahan dalam
melakukan operasi hitung antar satuan waktu jam, menit dan detik, (5) sebanyak 29 orang
siswa melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan waktu hari, jam, menit dan
melakukan operasi hitung, (6) sebanyak 21 orang siswa melakukan kesalahan dalam
menentukan hubungan satuan waktu abad, dasawarsa, windu, tahun dan melakukan operasi
hitung, (7) sebanyak 17 orang melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan satuan
waktu tahun,bulan,minggu,hari dan melakukan operasi hitung. Faktor penyebab terjadinya
kesalahan karena siswa: tidak paham dalam menyatakan dalam notasi waktu 24 jam, tidak
teliti menuliskan dalam bentuk 12 jam, tidak dapat mengkonversi antar tiap satuan waktu,
tidak teliti dalam melakukan operasi hitung pengurangan, tidak paham mengubah antar tiap
satuan dan tidak memahami penjumlahan dalam bentuk bilangan desimal, terburu-buru dalam
mengerjakan soal sehingga tidak salah dalam mlakukan operasi hitung pengurangan, tidak
teliti dalam mengubah antar tiap satuan waktu.
Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Pengukuran Waktu

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:04
Last Modified: 24 Jul 2023 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item
View Item