PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA

SIJABAT, FRANSISCA THERESIA and Muchlis, Effie Efrida and Yensy, Nurul Astuty (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Fransisca Theresia Sijabat_A1C014062_SKRIPSI.pdf] Text
Fransisca Theresia Sijabat_A1C014062_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran
concept attainment sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri Pondok Kelapa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Pondok
Kelapa tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari
tanggal 27 Maret 2018 sampai dengan 15 Mei 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran concept attainment dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dapat
dilihat dari skor rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 27,875; 36,75; dan 43,75 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I, II dan III secara berturut-turut 43,1; 65,12; dan
76,01 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 10,71%, 64,29%, dan 85,71%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa
juga dilihat menurut perhitungan dengan menggunakan rumus N-gain yang
memperoleh nilai perbandingan siklus I ke siklus II, siklus I ke siklus III, dan
siklus I ke siklus III berturut-berturut 0,39; 0,31; dan 0,58. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Concept
Attainment.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:07
Last Modified: 24 Jul 2023 08:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item
View Item